ads

Slider[Style1]

Style2

Style3[OneLeft]

Style3[OneRight]

Style4

Style5


Ingin awet muda ? mari belajar dari lebah madu, yang menurut temuan studi terbaru memiliki kiat tokcer untuk menjalani hidup yang lebih lama dan lebih baik.

Studi yang diterbitkan di dalam jurnal Experimental Gerontology tersebut mengamati perbedaan keahlian yang dimiliki lebah madu yang masih muda dan sudah tua di dalam sebuah koloni.

Caranya,para peneliti mengambil lebah lebah muda yang memiliki peran sebagai lebah perawat dari sarang. Ternyata,Lebah lebah tua yang di tinggalkan di sarang bisa mengambil alih tanggung jawab lebah perawat muda. lebah tua melakukan lagi tugas tugas yang dulu pernah mereka jalani saat masih muda,misalnya menghasilkan larva.Bahkan,menurut kepala studi Nicholas Baker dari Arizona State University Scool of life Sciences,banyak lebah tua yang sanggup melakukan tugasnyasebaik lebah muda.

Bagaimana ini bisa terjadi? para peneliti mempelajari lebah lebah madu berusia lanjut secara lebih mendetail.Rupanya,tidak semua lebah tua menunjukan pemulihan kecerdesaan,sehingga peneliti kemudian menganalisis lebah lebah tua yang cerdas maupun yang tidak untuk menemukan perbedaannya.

Pada otak lebah tua yang cerdas,mereka menemukan tinggat protein glutamate yang lebih tinggi.Protein glutamate dalam tinggkat sedang pada manusia bisa membantu fungsi memori dan belajar, meski jumblah yang terlalu banyak bisa berbahaya bagi fungsi kognitif yang lebih tinggi.

Studi tersebut menyimpulkan bahwa glutamate bisa membangun kembali sel sel otak dan bahwa lebah tua bisa hidup lebih lama dari usia seharusnya setelah mereka melanjutkan kembali tugas tugas di masa muda,yaitu merawat ratu maupun bayi lebah. Ini kabar baik bagi lebah,sekaligus bagi manusia.

Dengan mempelajari perubahan tingkat protein dalam otak lebah madu,para peneliti berharap dapat merancang obat yang bisa membantu menangkis penurunan fungsi otak yang iberkaitan dengan penuaan. Diperkirakan butuh waktu sampai 30 tahun sebelum obat seperti ini ada di pasaran. Sementara itu ,kita contek dulu saja strategi si lebah madu untuk menangkis dampak buruk penuaan: lakukan tantangan baru.

sum: mk

About auliaulla

Seorang Pecinta Bloging, Music, Movie, Anime, Manga dan selebihnya kita kenalan aja gimana..??! silahkan hubungi saya https://goo.gl/Nn6kcL
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments:

Post a Comment


Top