ads

Slider[Style1]

Style2

Style3[OneLeft]

Style3[OneRight]

Style4

Style5


Perangkat yang dimodifikasi dari smartphone ini dinamakan Kikitabi, bahasa Jepang yang maknanya lebih kurang sama dengan tour guide atau pemandu wisata. Alat ini menyediakan layanan informasi suara di lokasi wisata untuk para turis, tak ubahnya seperti pemandu wisata pribadi. “Alat ini sudah diluncurkan di Jepang, dan menyusul Hong Kong dan Singapura pada tahun 2014,” kata Yasuaki Onishi, Executive GM of Corporate Research & Technology Group, Fuji Xerox Co. Ltd saat ujicoba perangkat tersebut.

Kikitabi sendiri berupa handphone pintar model Android yang dipasangi program khusus sehingga dapat terhubung dengan layanan cloud Fuji Xerox. Jadi begitu alat tersebut mendekati satu titik tertentu yang sudah ditandai, maka Kikitabi akan mengirim informasi GPS ke server, berikutnya data dikembalikan ke Kikitabi dalam bentuk suara, dengan pilihan bahasa China, Jepang dan Inggris.


Di Jepang, alat itu sudah dipergunakan di Kamakura, salah satu lokasi wisata favorit turis di Kanagawa, Jepang. Pengelola wisata menyewa alat dan program itu dari Fuji Xerox, lantas disewakan lagi ke turis dengan tarif tertentu.

Jadi turis tinggal menyalakan Kikitabi dengan menekan tombol, lantas 75 detik berikutnya alat itu sudah terkoneksi dengan GPS yang diketahui dengan munculnya angka koordinat di layar, dan baterainya akan menyala selama 4 jam.

Berikutnya turis bisa berkeliling sendirian sambil mendengar informasi yang diberikan alat yang idealnya digantungkan di leher tersebut. Turis akan terus mendapat informasi tentang bangunan kuno, toko, hingga pohon khas yang ada di lokasi wisata itu, selama dia mendekat ke titik itu. Jika tidak ada info, maka alat itu otomatis diam atau bisa mendengarkan instrumentalia.


Ke depan, teknologi besutan divisi SkyDesk Media Switch Fuji Xerox ini akan terus dikembangkan sehingga dapat menjadi aplikasi yang mudah didownload dan dipergunakan di handphone pintar.

Cakupannya pun tak hanya untuk turis, tapi perorangan maupun lembaga yang membutuhkan informasi secara audio maupun teks serta gambar yang disediakan Fuji Xerox dari Kikitabi sepanjang perjalanan dari satu titik ke titik lainnya di muka bumi.


sum

About auliaulla

Seorang Pecinta Bloging, Music, Movie, Anime, Manga dan selebihnya kita kenalan aja gimana..??! silahkan hubungi saya https://goo.gl/Nn6kcL
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments:

Post a Comment


Top